Efektivitas penggunaan instrumental musik suara alam terhadap konsentrasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi penyajian data di kelas VII SMP IT Cahaya Bangsa Semarang tahun ajaran 2022/2023

Dijaya, Septian Raka (2023) Efektivitas penggunaan instrumental musik suara alam terhadap konsentrasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi penyajian data di kelas VII SMP IT Cahaya Bangsa Semarang tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056003_Septian_Raka_Dijaya] Text (Skripsi_1608056003_Septian_Raka_Dijaya)
Skripsi_1608056003_Septian_Raka_Dijaya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya konsentrasi belajar siswa kelas VII SMPIT Cahaya Bangsa Semarang pada mata pelajaran matematika. Siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk cerita dan siswa tidak dapat konsentrasi dalam pembelajaran karena kelas yang kurang kondusif yang mengakibatkan dengan tidak fokus dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan instrumental musik suara alam terhadap konsentrasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi penyajian data kelas VII SMPIT Cahaya Bangsa Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini posttest only group design. Penelitian ini menggunakan Teknik pengambilan data tes kemampuan pemecahan masalah dan angket konsentrasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Data yang digunakan adalah nilai tes kemampuan pemecahan masalah dan angket konsentrasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh t_hitung > t_tabel maka diketahui rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dan konsentrasi belajar kelas eksperimen yang menggunakan iringan instrumental musik suara alam lebih baik dari pada rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dan konsentrasi belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan iringan instrumental musik suara alam pada materi penyajian data di kelas VII SMPIT Cahaya Bangsa Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Instrumental musik; Suara alam; Konsentrasi belajar; Pemecahan masalah; Masalah matematika; Penyajian data
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:19
Last Modified: 17 Jul 2024 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics