Efektivitas strategi Learning Starts with a Question (LSQ) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi hukum Newton pada gerak

Bitaqwaya, Aghisni (2023) Efektivitas strategi Learning Starts with a Question (LSQ) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi hukum Newton pada gerak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066042_Aghisni_Bitaqwaya] Text (Skripsi_1908066042_Aghisni_Bitaqwaya)
Skripsi_1908066042_Aghisni_Bitaqwaya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran fisika kurang bervariasi dalam penerapan strategi pembelajaran yang menyebabkan kurang interaktif antara guru dan peserta didik di MAN 1 Tegal. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran kurang optimal sehingga membuat kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif salah satunya yaitu kemampuan bepikir kritis peserta didik rendah. Permasalahan tersebut harus diberikan solusi yaitu diterapkannya strategi learning starts with a question (LSQ). Tujuan penelitian ini untuk meingeitahuii eifeiktiiviitas strateigii leiarniing starts wiith a queistiion (LSQ) meiniingkatkan keimampuan beirpiikiir kriitiis peiseirta diidiik mateirii Hukum Neiwton pada geirak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu dan bentuk nonequivalen control group design dengan teknik pengambilan samplingnya menggunakan sampling purposive dan didapatkan Kelas Kontrol X MIPA 6 serta X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, tes berupa uraian dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan independent sample t-test serta uji N-Gain. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara strategi LSQ dengan metode konvensional yang ditunjukan dengan nilai analisis uji independent sample t-test dari nilai Sig Sebesar 0,01 < 0,05, kemudian nilai N-gain sebesar 0,45 untuk kelas eksperimen dan 0,26 untuk kelas kontrol sehingga N-gain dari kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas Kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strateigii leiarniing starts wiith a queistiion (LSQ) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Learning starts with a question (LSQ); Berpikir kritis; Hukum Newton; Gerak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:56
Last Modified: 18 Jul 2024 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22855

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics