Efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis praktikum problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa Madrasah Aliyah materi gelombang mekanik

Irbah, Sadadah (2023) Efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis praktikum problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa Madrasah Aliyah materi gelombang mekanik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066046_Sadadah_Irbah] Text (Skripsi_1908066046_Sadadah_Irbah)
Skripsi_1908066046_Sadadah_Irbah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIPA MAN Kendal masih rendah, hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru dan metode yang digunakan masih terpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan pengaruh model pembelajarAn predict-observe-explain (POE) berbasis praktikum problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran POE. Penelitian ini merupakakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket respon siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Uji perhitungan hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,012 < sig. 5% (0,05) maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,3 sedangkan kelas kontrol 0,08. Angket respon peserta didik rata-rata yang diperoleh adalah 80,2% dan termasuk kategori baik. Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis praktikum problem solving memberi keefektifan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Model pembelajaran; Predict-Observe-Explain (POE); Praktikum problem solving; Respon siswa; Gelombang mekanik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:59
Last Modified: 18 Jul 2024 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics