Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII A dengan materi pokok akhlak terpuji melalui small group discussion di MTs Miftahul Ulum Ngemplak kecamatan Mranggen kabupaten Demak semester ganjil 2010 / 2011
Hambali, Hambali (2011) Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII A dengan materi pokok akhlak terpuji melalui small group discussion di MTs Miftahul Ulum Ngemplak kecamatan Mranggen kabupaten Demak semester ganjil 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111566_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111566_bab1.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
73111566_bab2.pdf - Accepted Version
Download (169kB) | Preview
73111566_bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
73111566_bab4.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
73111566_bab5.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
73111566_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan study tindakan (action research) pada siswa kelas VIII A MTs. Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII A sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran aqidah akhlak menggunakan metode ceramah, siswa menunjukkan sikap kurang aktif dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari siswa tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain seperti menyontek, mengobrol bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Sehingga siswa tidak berperan aktif dalam mengikuti pelajaran.
Obyek penelitian ini adalah pada MTs. Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Dalam penelitian kelas VIII A ini dengan penerapan pembelajaran melalui metode Small Group Discussion yang jumlahnya ada 39 siswa.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dengan suasana pembelajaran aktif, maka suasana kelas menjadi lebih hidup, siswa menjadi aktif belajar dan hasil belajar lebih meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada tahap prasiklus keaktifan belajar siswa mempunyai prosentase 44 % dan rata-rata nilai akhir 68,23. Pada Siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar siswa meningkat 55 % dan rata-rata kelas 78,38. Sedangkan pada Siklus II keaktifan siswa dapat diprosentasekan menjadi 82 % dan rata-rata tes akhir siswa adalah 83.04. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan metode pembelajaran Small Group Discussion dengan sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi tenaga pengajar, para peneliti, para mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Small Group Discussion; Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 03:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2014 03:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2286 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year