Implementasi problem solving model berbantuan praktikum untuk meningkatkan keterampilan generik inferensia logika peserta didik kelas XI materi gelombang mekanik

Farikha, Rikha (2023) Implementasi problem solving model berbantuan praktikum untuk meningkatkan keterampilan generik inferensia logika peserta didik kelas XI materi gelombang mekanik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066056_Rikha_Farikha] Text (Skripsi_1908066056_Rikha_Farikha)
Skripsi_1908066056_Rikha_Farikha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis peningkatan keterampilan generik inferensia logika peserta didik setalah dilakukan metode pembelajaran problem solving model berbantuan praktikum dengan metode pembelajaran konvensional atau ceramah dan tanya jawab pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA di MAN Kendal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian yang terdiri atas dua kelompok kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda kelompok eksperimen diberi perlakuan problem solving model berbantuan praktikum dengan kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran ceramah dan tanya jawab. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik tes keterampilan generik inferensia logika, teknik observasi, teknik angket dan teknik dokumentasi. Hasil analisis uji Dependen Sampel T-test pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol nilai N-Gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sebesar 0,63% ˃ 0,47%, hal ini dikuatkan dengan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran kelompok eksperimen sebesar 95% berada pada kategori tinggi. Respons ketertarikan peserta didik dengan metode problem solving model berbantuan praktikum yakni dengan analisis skala likert dengan metode kuisioner memiliki persentase sebesar 81 % dengan kriteria sangat menarik atau sangat tertarik sehingga metode pembelajaran problem solving berbantuan praktikum efektif dan memberi pengaruh dan respons yang baik terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Problem solving model; Praktikum; Keterampilan generik sains; Inferensia logika; Gelombang mekanik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:06
Last Modified: 18 Jul 2024 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics