Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perbandingan siswa kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Pertiwi, Baiti Indah (2023) Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perbandingan siswa kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056064_Baiti_Indah_Pertiwi] Text (Skripsi_1608056064_Baiti_Indah_Pertiwi)
Skripsi_1608056064_Baiti_Indah_Pertiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh siswa di MTs Darul Ulum Semarang yakni tentang kemampuan berpikir kritis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perbandingan siswa kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian eksperimen, dengan jenis True Experimental Design berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 73 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis yang peneliti gunakan adalah uji-t. berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t_hitung=2,408 dan t_tabel=1,678. Nilai tersebut menujukkan t_hitung>t_tabel, sehingga hipotesis H_0 ditolak dan H_1 diterima. Ini berarti nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model konvensional. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perbandingan siswa kelas VII MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir kritis; Problem Based Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:21
Last Modified: 20 Jul 2024 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics