Efektivitas model pembelajaran CMI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi barisan dan deret di SMAN 1 Kaliwungu
Anshar, Muh. (2023) Efektivitas model pembelajaran CMI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi barisan dan deret di SMAN 1 Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056018_Muh._Anshar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan masalah tentang materi barisan dan deret di kelas XI MIPA SMAN 1 Kaliwungu. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Design penelitian yang digunakan nonequivalent control group design dalam quasi experiment. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh thitung sebesar 2,151 dan ttabel 1,667 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat diartikan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selanjutnya pada kelas eksperimen dilakukan uji N-gain untuk mendapatkan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis setelah diberikan perlakuan. Hasil N-gain score kelas eksperimen menunjukkan 0,53 sehingga disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis kelas yang diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penggunaan model model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi barisan dan deret kelas XI SMAN 1 Kaliwungu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis Matematis; Model pembelajaran; Comprehensive Mathematics Instruction (CMI); Barisan dan deret |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22902 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year