Kegiatan mengecap dengan bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Handayani Kebonagung Demak

Setianingrum, Zuliastuti (2023) Kegiatan mengecap dengan bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Handayani Kebonagung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106055_Zuliastuti_Setianingrum] Text (Skripsi_1903106055_Zuliastuti_Setianingrum)
Skripsi_1903106055_Zuliastuti_Setianingrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Bahan Alam Di TK Handayani Kebonagung Demak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat penerapan kegiatan mengecap dengan bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Handayani Kebonagung Demak apakah sudah berjalan dengan maksimal.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi kegiatan mengecap dengan bahan alam umtuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Handayani Kebonagung. (2) bagaimana kelebihan dan kekurangan kegiatan mengecap dengan bahan alam untuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Handayani Kebonagung. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data memlalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan.
Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mengecap dengan bahan alam dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK handayani Kebonagung, sudah mulai berkembang dengan baik. Kegiatan mengecap dengan bahan alam di TK Handayani Kebonagung dilakukan seminggu dua kali sesuai dengan tema yang diterapkan. Alat dan bahan sudah disediakan oleh guru, serta tahapan-tahapan dalam melakukan kegiatan mengecap dengan bahan alam sudah diterapkan dengan baik. Dari data hasil istrumen penilaian pencapaian perkembangan anak menyatakan bahwa indikator pertama terdapat 10 anak yang mendapat tingkat capaian berkembang sangat baik (BSB) dan 5 anak mendapat tingkat capaian mulai berkembang (MB). Indikator kedua terdapat 6 anak mendapat tingkat capaian berkembang sangat baik (BSB), 5 anak berkembangan sesuai harapan (BSH), dan 4 anak mulai berkembang (MB). Indikator ketiga terdapat 3 anak berkembang sangat baik (BSB), 10 anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 2 anak mulai berkembang (MB). Hal tersebut dapat disimpukn bahwa perkembangan kreativitas anak usia dini kelompok A sudah tercapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak, walaupaun hasilnya belum sempurna dan terdapat beberapa kekurangan, namun hasil pencapaian perkembangan anak menunjukkan hasil yang positif. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran guru dlam mendidik khususnya peserta didik yang berda di TK handayani Kebonagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kegiatan mengecap; Bahan alam; Perkembangan kreativitas; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Kesenian, pekerjaan tangan untuk sekolah dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:20
Last Modified: 29 Jul 2024 09:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics