Implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada keterampilan menulis puisi kelas 4 di MI Miftahut Tholibin Mejobo Kudus

Mariani, Fifi (2023) Implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada keterampilan menulis puisi kelas 4 di MI Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096080_Fifi_Mariani] Text (Skripsi_1703096080_Fifi_Mariani)
Skripsi_1703096080_Fifi_Mariani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan model CTL (Contextual Teaching And learning) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi puisi pada kelas IV MI NU Miftahut Tholibin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penerapan model pembelajaran CTL (Contextual teaching and Learning) berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa dapat membuat puisi dengan baik dan benar.
Pembelajaran materi puisi dengan model pembelajaran CTL di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus dilaksanakan dengan cukup baik dan sesuai dengan teori-teori yang ada. Namun menurut penulis, ada yang perlu diperhatikan oleh guru yaitu aspek-aspek penghambat dan pendukung implementasi model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) di MI NU Miftahut Tholibin agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Aspek penghambat dan pendukung datang dari guru, peserta didik, dan keadaan lingkungan yang tidak mendukung, serta minimnya fasilitas yang dibutuhkan akan menghambat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; CTL (Contextual Teaching and Learning); Ketrampilan menulis puisi; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Kesenian, pekerjaan tangan untuk sekolah dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:31
Last Modified: 29 Jul 2024 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics