Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran fikih kelas IV di MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara

Setiawati, Vita Harma (2023) Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran fikih kelas IV di MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096122_Vita_Harma_Setiawati] Text (Skripsi_1803096122_Vita_Harma_Setiawati)
Skripsi_1803096122_Vita_Harma_Setiawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Fikih di kelas IV MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara? 2) Apa saja kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Fikih di Kelas IV MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mrengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan kelas mata pelajaran Fikih.
Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya data tersebut diuji keabsahan datanya melalui triangulasi dan metode data penelitian kemudian dianalisis dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing / verifikation. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandasan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi yang alamiah, pengambilan sampel dilakukan secara purposive dan snowball.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Fikih di MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari penelitian, yaitu: pertama,dari segi pengelolaan kondisi kelas yang meliputi pengelolaan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk dengan format kolom dan baris. Tapi dari media pembelajaran nampaknya kurang terampil di mana hal tersebut media atau poster hanya digunakan ketika sedang materi dan tidak tertempel di dalam kelas sehingga siswa tidak bisa menjangkaunya setiap mereka inginkan. Kedua, dari segi sikap tanggap yang mana dari segi ini guru selalu tanggap terhadap aktivitas siswa. Ketiga, dari segi pemberian perhatian kelompok, guru memberi perhatian yang sama kepada setiap siswa tanpa membeda-bedakan. Keempat, keterampilan memberi petunjuk dan tujuan secara jelas sudah dilakukan guru serta menggunakan bahasa yang jelas dan tepat. Kelima, keterampilan dalam segi memberi teguran kepada siswa, guru sudah terampil karena telah memberikan teguran dengan baik dan tidak mempermalukan siswa, begitupun dengan memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. 2) Kendala guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Fikih di MI Miftahul Huda Kepuk 02 Bangsri Jepara, yakni media pembelajaran yang ada dalam sekolahan karena dana operasional sekolah sangat pas-pasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan guru; Pengelolaan kelas; Kualitatif; Pembelajaran fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:35
Last Modified: 29 Jul 2024 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics