Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament terhadap keaktifan siswa pada mata pembelajaran PKN kelas III di MI Al - Ikhlas Doridungga

Fitriani, Fitriani (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament terhadap keaktifan siswa pada mata pembelajaran PKN kelas III di MI Al - Ikhlas Doridungga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096005_Fitriani] Text (Skripsi_1903096005_Fitriani)
Skripsi_1903096005_Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah model pembelajaran kooperatif menggunakan turnamen akademik dan menggunakan kuis-kuis, para siswa berlomba-lomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. Kemudian siswa bisa secara langsung mengembangkan dan mengeksplorasi pemikiran mereka dalam bentuk kerjasama.Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap keaktifan siswa pada mata pembelajaran PKn kelas III di MI Al-Ikhlas Doridungga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan dengan desain Quasi Eksperimen. Pengumumpulan datanya adalah dokumentasi,observasi dan penyebaran angket.
Jadi hasil temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa teams game tournament berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswapadamata pembelajaranPKn pada Kelas IIIdi Mi Al – Ikhlas Doridungga.Dari tabel Koefisien determinasi diketahui bahwa R2 (R-Square) yang diperoleh sebesar 0.327 atau 32.7%. Hal tersebut menandakan bahwa pengaruh Teams Game Tournament (X) terhadap keaktifan siswa sebesar 32.7%, dengan kata lain variabel keaktifan belajar dapat dijelaskan oleh teams game tournament sebesar 32.7%. dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament; Keaktifan; Pembelajaran PKN
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:36
Last Modified: 29 Jul 2024 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics