Pengaruh strategi mengusik (mengeja dengan musik) terhadap hasil belajar membaca permulaan siswa kelas 1 MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus
Arfa, Nurya Mekka (2023) Pengaruh strategi mengusik (mengeja dengan musik) terhadap hasil belajar membaca permulaan siswa kelas 1 MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096024_Nurya_Mekka_Arfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Membaca yaitu salah satu jenis kemampuan berbahasa dalam bentuk tulisan yang reseptif. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar membaca permulaan siswa sebelum menerapkan metode Mengusik di kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus.(2) Mengetahui hasil belajar membaca permulaan siswa setelah menerapkan metode Mengusik di kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus.(3) Mengetahui perbedaan hasil belajar membaca permulaan siswa di kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Jenis Penelitian ini penelitian kuantitatif Eksperimen Quasi. Tempat penelitian di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Variabel bebas “pengaruh strategi mengusik” dan variabel terikat “hasil belajar membaca permulaan siswa”. Populasinya 53 orang. Sampel 27 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data tes, teknik analisis data yaitu analisis Uji T. Hasil perhitungan dengan analisis uji-t diperoleh nilai t_hitung = 105,9 dan t_tabel = 1,790. t_hitung > t_tabel. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca. Hipotesis peneliti “Diterima” dan ‘Terdapat perbedaan yang diuji adalah Strategi Mengusik terhadap hasil belajar membaca permulaan siswa kelas 1 MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Mengeja dengan musik; Hasil belajar; Kemampuan membaca; Siswa MI |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 09:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 09:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22941 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year