Pengaruh penggunaan media alphabet card terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 MI Al Iman Banaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2022/2023

Rahmawati, Eka Devi (2023) Pengaruh penggunaan media alphabet card terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 MI Al Iman Banaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096041_Eka_Devi_Rahmawati] Text (Skripsi_1903096041_Eka_Devi_Rahmawati)
Skripsi_1903096041_Eka_Devi_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum meratanya kemampuan membaca untuk kelas 1. Jenjang ini merupakan gerbang awal dunia pendidikan wajib yang harus ditempuh oleh setiap peserta didik. Diperlukan media yang menarik untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Media yang dapat digunakan untuk menarik semangat siswa dalam belajar membaca diantaranya alphabet card. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media alphabet card terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 MI Al Iman Banaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 MI Al Iman Banaran yang berjumlah 24 siswa.
Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 0,05 dan dk=N-1, diperoleh hasil t_hitung>t_tabel atau 12,82 > 2,07. Terdapat peningkatan nilai pretest ke posttest dengan perbandingan rata-rata nilai pretest banding posttest adalah 58,33 : 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima, atau terdapat pengaruh penggunaan media alphabet card terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Al Iman Banaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Alphabet card; Kemampuan membaca; Bahasa Indonesia; Sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:47
Last Modified: 29 Jul 2024 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22944

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics