Efektivitas penggunaan media pop-up book materi Bhinneka Tunggal Ika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah

Karimah, Rizka Salma (2023) Efektivitas penggunaan media pop-up book materi Bhinneka Tunggal Ika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096054_Rizka_Salma_Karimah] Text (Skripsi_1903096054_Rizka_Salma_Karimah)
Skripsi_1903096054_Rizka_Salma_Karimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penggunaan media pop-up book materi Bhinneka Tunggal Ika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan desain the non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah. Perhitungan teknik analisis data pretest dan posttest peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen sebesar 79,38 lebih tinggi daripada nilai posttest kelas kontrol yaitu 67,92. Hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga pengujian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α= 0,05. Selain itu, hasil dari uji n-gain score yang diperoleh menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pop-up book mencapai skor 0,59 termasuk kategori sedang dan persentase uji n-gain sebesar 59,9153% (≈60%) termasuk kategori cukup efektif. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan media pop-up book secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik khususnya pada materi Bhinneka Tunggal Ika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; Model pembelajaran; Pop-up book; Bhinneka tunggal ika; PKN
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:51
Last Modified: 29 Jul 2024 09:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics