Efektivitas model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) terhadap kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Kroya Cilacap

Fadilah, Anisa Nur (2023) Efektivitas model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) terhadap kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Kroya Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056052_Anisa_Nur_Fadilah] Text (Skripsi_1808056052_Anisa_Nur_Fadilah)
Skripsi_1808056052_Anisa_Nur_Fadilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kemampuan representasi dan self confidence siswa MTs Ma’arif NU 01 Kroya yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan self confidence siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest posttest control design dan menggunakan teknik cluster random sampling, yang diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test untuk hasil posttest kemampuan representasi matematis dan angket self confidence. Berdasarkan hasil perhitungan untuk kemampuan representasi matematis siswa diperoleh thitung = 4,7758 dan angket self confidence diperoleh thitung = 4,431. Sedangkan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,679. Dengan demikian masing-masing data diperoleh thitung > tatbel. Pada uji ketuntasan klasikal diperoleh bahwa Zhitung (1,8708) > Ztabel (1,64) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang nilainya mencapai KKM sudah mencapai 75%. Sehingga hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) efektif terhadap kemampuan representasi matematis dan self confidence pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Kroya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering); Kemampuan representasi matematis; Self-confidence; Siswa; Relasi dan fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:48
Last Modified: 27 Jul 2024 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics