Pengembangan media pembelajaran berupa majalah matematika pada materi program linear untuk meningkatkan minat belajar peserta didik

Rahmadani, Wulan (2023) Pengembangan media pembelajaran berupa majalah matematika pada materi program linear untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056014_Wulan_Rahmadani] Text (Skripsi_1908056014_Wulan_Rahmadani)
Skripsi_1908056014_Wulan_Rahmadani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya minat belajar matematika peserta didik kelas X di SMA N 1 pada materi program linear. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media majalah yang dapat digunakan peserta didik sebagai penguatan materi dan memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu majalah bisa digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang tidak kaku dan fleksibel sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Pengembangan media majalah matematika menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan minat peserta didik terhadap media majalah matematika pada materi program linear dengan melibatkan satu pendidik dan 36 peserta didik. berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media secara berturut-turut yaitu 85% dan 94% yang mengatakan media majalah matematika terkategori layak. Pada penilaian respon pendidik dan peserta didik yaitu sebesar 98%, dan 83%. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa kelayakan media dengan kategori sangat baik dan layak dijadikan untuk mengetahui minat peserta didik, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai standar gain sebesar 0,4 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Bahan Ajar; Majalah Matematika; Minat Belajar; Program linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:31
Last Modified: 27 Jul 2024 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics