Analisis strategi guru dalam menghadapi siswa slow learner pada kelas rendah MI Miftahul Akhlaqiyah tahun 2023

Muliawati, Dwi Hari (2023) Analisis strategi guru dalam menghadapi siswa slow learner pada kelas rendah MI Miftahul Akhlaqiyah tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096056_Dwi_Hari_Muliawati] Text (Skripsi_1903096056_Dwi_Hari_Muliawati)
Skripsi_1903096056_Dwi_Hari_Muliawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik siswa slow learner yang ada di kelas rendah MI Miftahul Akhlaqiyah serta bagaimana strategi guru dalam menghadapi siswa slow learner tersebut di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisa data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, data display/penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Karakteristik siswa slow learner yang ada di kelas rendah MI Miftahul Akhlaqiyah yaitu secara umum banyak ditemukan dalam aspek intelegensi. Siswa sangat lamban dan kesulitan dalam memahami materi, terutama pemahaman terhadap hal abstrak, kesulitan hafalan, pemahaman dalam berhitung rendah dan kesulitan mengerjakan tugas akademik secara individu. Strategi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran siswa slow learner tidak ada perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran siswa regular. Untuk penyampaian pembelajaran, baik dalam pembelajaran Matematika maupun Bahasa Indonesia rata-rata guru menggunakan strategi konvensional dengan metode demonstrasi, yakni menggunakan media berupa benda konkrit dan diselingi praktik. Kegiatan lanjutan yang dilakukan beberapa guru yakni adanya tambahan belajar untuk memperdalam pemahaman siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Slow learner; Karakteristik; Strategi guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:15
Last Modified: 30 Jul 2024 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics