Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah kelas VII di MTs Negeri Kendal
Maslikah, Ida (2011) Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah kelas VII di MTs Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73311030_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (772kB) | Preview
73311030_bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
73311030_bab2.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
73311030_bab3.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
73311030_bab4.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
73311030_bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
73311030_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah di MTs. Negeri Kendal. Kajiannya dilatar belakangi oleh siswa-siswa yang bermasalah, seperti yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik serta setting/background keluarga siswa, yang sangat mempengaruhi prestasi belajar mereka di sekolah. Anak- anak yang memiliki permasalahan lingkungan keluarga (ibunya bekerja di luar negeri sebagai TKW), pergaulan dan ekonomi sering mengalami stress yang berlebihan sehingga akan membuat mereka tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah ada pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah di MTs. Negeri Kendal? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs. Negeri Kendal yang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data. Datanya diperoleh dengan cara angket dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis data. Dan diambil dari uji linieritas regresi dan uji regresi.
Kajian ini menunjukkan bahwa dari data uji hipotesis terdapat adanya pengaruh positif antara layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di MTs Negeri Kendal. Semakin baik pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik, maka akan harmonis hubungan antara pembimbing dan peserta didik. melalui uji hubungan antara variabel layanan bimbingan dan koseling dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah diperoleh indeks korelasi r = 0,52755. Berarti signifikan artinya hipotesis di terima, karena pada taraf signifikan 5%. Artinya 52% bahwa ada pengaruh positif dari layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah. Dari hasil temuan tersebut dapat memberikan acuan bagi MTs. Negeri Kendal dalam memperbaiki layanan bimbingan dan konseling
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Siswa Bermasalah; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 07:37 |
Last Modified: | 27 Jun 2014 07:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2298 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year