Studi analisis pelaksanaan supervisi terhadap guru bidang studi agama di MTs N Kendal
Al Hutdi, Muhammad (2011) Studi analisis pelaksanaan supervisi terhadap guru bidang studi agama di MTs N Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73311031_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (603kB) | Preview
73311031_bab1.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
73311031_bab2.pdf - Accepted Version
Download (115kB) | Preview
73311031_bab3.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
73311031_bab4.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
73311031_bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
73311031_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas studi analisis pelaksanaan supervisi terhadap guru bidang studi agama di MTs N kendal, yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan guru masih terbilang kurang maksimal oleh arna itu perlu adanya peningkatan terhadap kompetensi seorang guru melalui pelaksanaan supervisi secara maksimal, hal itu disebabkan oleh 1) Kurangnya kesadaran guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 2) Latarbelakang pendidikan guru 3) supervaiser belum maksimal didalam melaksanakan program supervisi dilapangan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana proses perencanaan supervisi? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi (3) Bagaiman evaluasi dan tindak lanjut supervisi di MTs N kendal. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan supervisi terhadap guru bidang studi agama di MTs N kendal. Metode yang digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi ditinjau terhadap Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/ madrasah yaitu kompetensi supervisi memiliki komponen diantaranya menyusun program supervisi KBM, ekstrakulikuler dan kegiatan lainya, program supervisi klinis, melaksanakan tindak lanjut dari hasil supervisi untuk meningkatkan knerja guru dan pengembangan sedangkan ditinjau dari Permen Diknas No 12 tentang standar pengawas para pengawas sekolah/ madrasah melakukan pembinaan pengembangan kualitas sekolah kinerja kepala sekolah, guru dan staf, melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya,melakukan penilain terhadap prosesdan hasil program pengembangan sekolah secara kolaboratif.
Tahap Penilaian supervisi menggunakan tertulis, perbuatan dan pengembangan. Sedangkan pengawasan pada guru yaitu proses pembelajaran menggunakan beberapa tahap diantaranya: pengawasan pada perencanaan, pengawasan pada proses pembelajaran, dan evaluasi. (2) di MTs N kendal dalam proses pelaksanaan supervisi masih belum optimal mengacu pada permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah lebih fokusnya pada kompetensi supervisi, karena peraturan itu sudah termasuk landasan yang baku, perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi proses pembelajaran sesuai dengan uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa ketercapaian Permen Diknas No. 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah dan Permen Diknas No 12 tentang standar pengawas yang meliputi kompetensi supervis pengawas madrasah tingkat kota di kendal dilaksanakan dengan cukup baik namun kurang maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 07:38 |
Last Modified: | 27 Jun 2014 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2299 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year