Pengaruh gaya berpikir Aanthony Gregorc terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar

Fawaida, Nela (2023) Pengaruh gaya berpikir Aanthony Gregorc terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056044_Nela_Fawaida] Text (Skripsi_1908056044_Nela_Fawaida)
Skripsi_1908056044_Nela_Fawaida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah terdapat pengaruh gaya berpikir Anthony Gregorc (sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak abstrak, dan acak konkret) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2022/2023 pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan sampling insidental dan didapatkan sampel 102 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya berpikir Anthony Gregorc dan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh gaya berpikir sekuensial konkret terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2022/2023 pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar dengan persamaan regresi Y ̂=46,549+0,921X dan KD 15%, 2) terdapat pengaruh gaya berpikir sekuensial abstrak terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2022/2023 pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar dengan persamaan regresi Y ̂=-9,091+2,070X dan KD 25%, 3) terdapat pengaruh gaya berpikir acak abstrak terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2022/2023 pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar dengan persamaan regresi Y ̂=34,594+1,057X dan KD 13%, 4) terdapat pengaruh gaya berpikir acak konkret terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2022/2023 pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar dengan persamaan regresi Y ̂=-29,890+2,795X dan KD 38%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya berpikir; Anthony Gregorc; Penalaran matematis; Aplikasi turunan fungsi aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:26
Last Modified: 29 Jul 2024 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics