Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV MI Nurul Islam

Cahyaningrum, Dinda (2023) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV MI Nurul Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096075_Dinda_Cahyaningrum] Text (Skripsi_1903096075_Dinda_Cahyaningrum)
Skripsi_1903096075_Dinda_Cahyaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas IV MI Nurul Islam.
Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pertama yaitu kelas IV A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen, sampel kedua yaitu kelas IV B berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen adalah 82.42 sedangkan kelas kontrol sebesar 76.15. Berdasarkan perhitungan uji analisis data yang dilakukan diperoleh Sig (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,016 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MI Nurul Islam. Dengan besar persentase pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 89,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran aktif; Peer lesson; PPKn; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:47
Last Modified: 01 Aug 2024 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics