Efektivitas pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa SMK Bina Umat Siwalan Pekalongan

Dewi, Rizqi Aulia (2023) Efektivitas pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa SMK Bina Umat Siwalan Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056055_Rizqi_Aulia_Dewi] Text (Skripsi_1908056055_Rizqi_Aulia_Dewi)
Skripsi_1908056055_Rizqi_Aulia_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa SMK Bina Umat yang masih rendah serta perbedaan gaya kognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari gaya kognitif (2) Mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa reflektif dengan impulsif. (3) Mengetahui ada atau tidaknya interaksi faktor pembelajaran dan faktor gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan kelas X-TKJ dengan jumlah siswa 15 sebagai kelas eksperimen dan X-TBSM dengan jumlah siswa 13 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan F_hitung> F_tabel untuk faktor model pembelajaran sebesar 49,2163>4,84, faktor gaya kognitif sebesar 26,4312 < 4,84 dan F_hitung< F_tabel untuk faktor pembelajaran*gaya kognitif sebesar -3,0983 <4,84. Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran STEM efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif (2) Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif lebih baik dibandingkan dengan siswa bergaya kognitif impulsif. (3) Tidak terdapat interaksi faktor pembelajaran dan faktor gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; STEM; Berpikir Kritis; Gaya kognitif reflektif; Gaya kognitif impulsif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:46
Last Modified: 29 Jul 2024 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics