Analisis miskonsepsi siswa menggunakan metode four tier certainty of response index (CRI) ditinjau dari perbedaan gender pada materi program linear

Jumadin, Jumadin (2023) Analisis miskonsepsi siswa menggunakan metode four tier certainty of response index (CRI) ditinjau dari perbedaan gender pada materi program linear. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056068_Jumadin] Text (Skripsi_1908056068_Jumadin)
Skripsi_1908056068_Jumadin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Program linear merupakan materi yang sering mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman dalam menghubungkan konsep, yaitu keterkaitan antara konsep baru dengan konsep yang sudah ada pada diri siswa. Miskonsepsi sangat berbahaya bagi siswa, dampak yang dihasilkan dari miskonsepsi adalah dapat menurunkan hasil belajar siswa. Sehingga perlu dilakukan identifikasi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa yang teridentifikasi dengan four tier Certainty of Response Index (FT-CRI) ditinjau dari perbedaan gender materi program linear. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 29 siswa dan dipilih 4 siswa sebagai objek penelitian dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes four tier test yang disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan interpretasi four tier Certainty of Response Index (FT-CRI). Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata persentase yang mengalami miskonsepsi sebesar 45%, paham konsep sebesar 33%, dan tidak paham konsep sebesar 22%. Hasil analisis data berdasarkan gender ditemukan siswa perempuan mengalami miskonsepsi yang lebih tinggi sebesar 5% dari laki-laki. Penyebab miskonsepsi yaitu pemikiran intuisi yang salah, reasoning siswa yang tidak lengkap atau salah dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Four tier test; Certainty of Response Index (CRI); Miskonsepsi; Program Linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:33
Last Modified: 29 Jul 2024 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics