Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self-esteem dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV siswa kelas VIII MTs Hidayatus Shibyan

Nisa', Siti Shofwatun (2023) Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self-esteem dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV siswa kelas VIII MTs Hidayatus Shibyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056069_Siti_Shofwatun_Nisa'] Text (Skripsi_1908056069_Siti_Shofwatun_Nisa')
Skripsi_1908056069_Siti_Shofwatun_Nisa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan sebuah masalah, terutama dalam kurikulum 2013 yang digunakan dalam pembelajaran di MTs Hidayatus Shibyan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa adalah self-esteem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-esteem dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV siswa kelas VIII MTs Hidayatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 di MTs Hidayatus Shibyan Karangasem, Sedan, Rembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner self-esteem dan tes uraian kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 siswa sebagai subjek penelitian, 16 diantaranya memiliki kemampuan representasi matematis sedang dan self -esteem sedang. Siswa dengan kategori tersebut masih meragukan hasil jawaban dan kemampuan yang dimiliki. Siswa dengan self-esteem tinggi memiliki pandangan optimis dengan hasil jawaban dan kemampuan yang dimiliki baik kemampuan representasi matematis tinggi, sedang, maupun rendah, berlaku kebalikan bagi siswa dengan self-esteem rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Soal open ended; Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV); Self-esteem
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:47
Last Modified: 29 Jul 2024 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics