Efektivitas model pembelajaran pair check berbantu GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi fungsi kuadrat kelas X SMA Unggulan Nurul Islami Semarang

Lestari, Nurul Widya (2023) Efektivitas model pembelajaran pair check berbantu GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi fungsi kuadrat kelas X SMA Unggulan Nurul Islami Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056073_Nurul_Widya_Lestari] Text (Skripsi_1908056073_Nurul_Widya_Lestari)
Skripsi_1908056073_Nurul_Widya_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X di SMA Unggulan Nurul Islami Semarang yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pair Check berbantu GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi fungsi kuadrat kelas X SMA Unggulan Nurul Islami Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknik pretest posttest control group design, dengan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantu GeoGebra lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran ceramah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check berbantu GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi fungsi kuadrat kelas X SMA Unggulan Nurul Islami Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pair Check; GeoGebra; Konsep Matematis; Fungsi kuadrat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:10
Last Modified: 29 Jul 2024 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics