Efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media kartu gambar terhadap pemahaman materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V MI NU 27 Wonosari Kendal

Sofianingrum, Ana (2023) Efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan media kartu gambar terhadap pemahaman materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V MI NU 27 Wonosari Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096082_Ana_Sofianingrum] Text (Skripsi_1903096082_Ana_Sofianingrum)
Skripsi_1903096082_Ana_Sofianingrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Penelitian jenis Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa pretest dan posttest. Dengan melibatkan seluruh siswa kelas V MI NU 27 Wonosari Kendal yang berjumlah 44 siswa.Dari penelitian ini mendapatkan hasil analisis secara keseluruhan yang menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tipe Make a match dengan menggunakan media gambar berpengaruh terhadap pemahaman materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan kelas V di MI NU 27 Wonosari Kendal adalah efektif.
Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 78,90, dimana nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 67,28. Selain itu, hal ini juga dapat dibuktikan dengan adanya uji hipotesis menggunakan T-Test melalui software SPSS yang menunjukkan bahwa nilai (Sig 2-Tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai pada hasil pretest dengan hasil postest dengan dasar setelah diaplikasikannya metode pembelajaran kooperatif tipe make and match dengan menggunakan media kartu bergambar
Selain itu, juga dapat dilihat dari nilai N-Gain yaitu sebesar 0,75 yang artinya > 0,07 dan masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan N-Gain persen atau presentase dari N-Gain Score tersebut adalah 75,14% yang artinya berada di posisi 56 – 75 dengan kategori Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif; Make a match; Pemahaman materi; Kartu gambar; Sejarah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:54
Last Modified: 01 Aug 2024 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23018

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics