Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahapan ideal ditinjau dari gaya belajar Honey - Mumford kelas XI materi program linear
Izzah, Alifia Nurul (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahapan ideal ditinjau dari gaya belajar Honey - Mumford kelas XI materi program linear. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056079_Alifia_Nurul_Izzah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis beedasarkan tahapan IDEAL serta pengaruh gaya belajar dalam penyelesaian soal program linear. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 11 siswa yang diambil dari kelas atas, sedang, dan bawah dengan 3 siswa dengan gaya belajar aktivis, 3 siswa dengan gaya belajar reflektor, 3 siswa dengan gaya belajar teoris dan 2 siswa dengan gaya belajar pragmatis (karena tidak ditemukan subjek dengan gaya belajar ini pada kelas bawah). Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, angket gaya belajar serta draf wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan kemampuan pemecahan masalah Bransford and Stein meliputi: (1) Memahami masalah, (2) Menentukan Tujuan, (3) Merencanakan rencana penyelesaian, (4) Melaksanakan rencana penyelesaian, (5) Memeriksa kembali. Hasil peneitian menunjukkan bahwa: (1) Kriteria kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari 32 siswa kelas XI MIPA 1 lebih banyak tergolong ke kategori rendah dari 32 siswa, (2) Ada sebanyak 6 siswa bergaya belajar aktivis, 4 siswa bergaya belajar teoris, 6 siswa bergaya belajar reflektor, 8 siswa bergaya belajar pragmatis. (3) Seluruh siswa dengan gaya belajar aktivis, teoris, reflektor, pragmatis di semua kelas mampu menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah memahami masalah dan menentukan tujuan, namun pada kelas sedang dan bawah tidak mampu menguasai indikator merencanakan rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali, hanya saja subjek bergaya belajar pragmatis pada kelas sedang mampu menguasai indikator merencanakan rencana penyelesaian meskipun hanya di soal No. 2. Sedangkan untuk siswa di kelas atas, mampu menguasai indikator merencanakan rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali baik soal nomor 1 ataupun 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Tahapan Ideal; Gaya Belajar; Honey-Mumford; Program Linear |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23025 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year