Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang pada materi SPLTV ditinjau dari tingkat prokrastinasi akademik

Nuraini, Asiyah Safina (2023) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang pada materi SPLTV ditinjau dari tingkat prokrastinasi akademik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056085_Asiyah_Safina_Nuraini] Text (Skripsi_1908056085_Asiyah_Safina_Nuraini)
Skripsi_1908056085_Asiyah_Safina_Nuraini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh sikap siswa saat pembelajaran matematika. Pada kelas X MAN 2 Kota Semarang, terlihat sikap sebagian siswa yang cenderung menghindari untuk mengerjakan soal-soal materi SPLTV yang dberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MAN 2 Kota Semarang pada materi SPLTV ditinjau dari tingkat prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-G MAN 2 Kota Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner, soal tes tertulis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tingkat prokrastinasi akademik rendah mampu menguasai hampir seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis. Subjek dengan tingkat prokrastinasi akademik sedang mampu memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis. Subjek dengan tingkat prokrastinasi akademik tinggi belum mampu menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Prokrastinasi akademik; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jul 2024 09:59
Last Modified: 30 Jul 2024 09:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics