Pengelolaan kinerja tenaga pendidik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus

Rosyada, Rihhadatul Aisy (2023) Pengelolaan kinerja tenaga pendidik di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036031_Rihhadatulaisyrosyada_Lengkap] Text (Skripsi_1603036031_Rihhadatulaisyrosyada_Lengkap)
1603036031_Rihhadatulaisyrosyada_Full_Skripsi - Richa Aisy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul : Pengelolaan Kinerja Tenaga Pendidik Di Mi Nu Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus
Nama : Rihhadatul Aisy Rosyada
NIM : 1603036031
Penelitian ini betujuan untuk mengungkap pengelolaan kinerja dan mendeskripsikan langkah meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Penelitian kualitatif ini dilakukan menggunakan teknik analisis data milik Miles Huberman, yakni; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi, dalam mengambil data, penelitian ini bersandar pada data hasil wawancara yang melibatkan Kepala sekolah dantenaga pendidik di MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus, serta dilengkapi dengan data hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyebutkan secara umumkinerja guru di MI NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus, pada aspek pedagogik dilihat dari perencanaan (personil program berdiskusi untuk menentukan program yang harus dilakukan dengan mengikut sertakan guru di berbagai diklat, mengaktifkan program MGMP, menyediakan fasilitas yang diperlukan), monitoring dan evaluasi (pengawasan, penilaian, dan evaluasi capaian kinerja). Sedangkan deskripsi dari langkah meningkatkan kinerja tenaga pendidik dengan beberapa upaya, antara lain; membangun hubungan yang harmonis antarpersonal; pembinaan kinerja guru (penyusunan RPP, media/alat pembelajaran, metode mengajar, kemapuan menilai anak didik, memperbaiki situasi kenyamanan proses KBM); pembinaan kedisiplinan; pengendalian dan pengawasan kinerja guru (diskusi kunjungan kelas,simulasi pembelajaran); pemberian motivasi, apreia si atau reward pada tenaga pendidik yang berprestasi dan memiliki etos kerja yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Tenaga pendidik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jul 2024 10:10
Last Modified: 30 Jul 2024 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23068

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics