Pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo

Aulia, Rifda Aghisna (2023) Pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056101_Rifda_Aghisna_Aulia] Text (Skripsi_1908056101_Rifda_Aghisna_Aulia)
Skripsi_1908056101_Rifda_Aghisna_Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Hambatan belajar dan kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi hasil penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “apakah hambatan belajar berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa, apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa, dan apakah hambatan belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hambatan belajar terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 14,4%. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 17,5%. Serta terdapat pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 19,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hambatan belajar; Kecerdasan emosional; Penalaran matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jul 2024 10:30
Last Modified: 30 Jul 2024 10:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics