Pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo
Aulia, Rifda Aghisna (2023) Pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056101_Rifda_Aghisna_Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Hambatan belajar dan kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi hasil penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “apakah hambatan belajar berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa, apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa, dan apakah hambatan belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap penalaran matematis siswa”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hambatan belajar terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 14,4%. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 17,5%. Serta terdapat pengaruh hambatan belajar dan kecerdasan emosional terhadap penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kalikajar Kabupaten Wonosobo sebesar 19,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan belajar; Kecerdasan emosional; Penalaran matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 10:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23073 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year