Pengaruh berpikir kritis matematis terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X melalui model pembelajaran means-end analysis
Dianti, Irza Ridho Rahma (2023) Pengaruh berpikir kritis matematis terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X melalui model pembelajaran means-end analysis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056117_Irza_Ridho_Rahma_Dianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan Computational Thinking siswa yang kurang maksimal dan juga kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis yang tergolong rendah. Dalam Computational Thinking siswa diarahkan untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, sehingga kemampuan berpikir kritis dan kemampuan Computational Thinking dibutuhkan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan Computational Thinking siswa kelas X SMA Negeri 1 boja tahun pelajaran 2022/2023 melalui model pembelajaran Means End Analysis pada materi Fungsi Kuadrat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA dengan jumlah 36 siswa yang diambil menggunakan Teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi pada uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan antara berpikir kritis matematis terhadap kemampuan Computational Thinking siswa kelas X melalui model pembelajaran Means End Analysis . pada koefisien determinan diperoleh nilai sebesar 0,643 yang artinya besar pengaruh berpikir kritis matematis terhadap Computational Thinking sebesar 64,3% yang berarti kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis Matematis; Computational Thinking; Model Pembelajaran; Means End Analysis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:26 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23086 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year