Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MA Darul Ulum Kota Semarang

Sari, Fita Ayu Puspita (2023) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MA Darul Ulum Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036001_Fita Ayu Puspita Sari_Lengkap] Text (Skripsi_1803036001_Fita Ayu Puspita Sari_Lengkap)
Skripsi_1803036001_Fita Ayu Puspita Sari_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini guru masih belum banyak mampu memperbaiki praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru setelah berpartisipasi dalam program MGMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa yang dilakukan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan degan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan dengan menggunakan triangulasi, menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran MGMP dalam meningkatkan kompetensi professional guru di MA Darul Ulum Kota Semarang, peran reformator guru melakukan perubahan pada proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sesuai dengan standar proses pendidikan. Peran mediator MGMP sangat membantu guru dalam dapat meningkatkan profesionalismenya, peningkatan ini ditandai dengan bagaimana proses guru dalam pembelajaran di dalam kelas. Peran supporting agency MGMP guru mata pelajaran untuk menampung berbagai permasalahan yang di hadapi guru disekolah masing-masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang di embankan. Peran collaborator MGMP juga mewadahi guru untuk dapat saling mengenal dan atau dengan lembaga keguruan yang lain. Peran evaluator berguna untuk mengetahui hasil kerja guru. Peran academic supervisor berguna untuk melakukan supervisi dengan pendekatan penilaian, serta pendekatan lain yang diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: MGMP; Kompetensi; Profesionalisme; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:04
Last Modified: 31 Jul 2024 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23092

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics