Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa melalui metode pembelajaran Socrates kontekstual pada kelas XI

Saputra, Ndang Jaya (2023) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa melalui metode pembelajaran Socrates kontekstual pada kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056127_Ndang_Jaya_Saputra] Text (Skripsi_1908056127_Ndang_Jaya_Saputra)
Skripsi_1908056127_Ndang_Jaya_Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa melalu metode pembelajaran socrates kontekstual pada kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif diskriftif. Banyak subjek yang digunakan yaitu enam subjek, dua subjek dengan disposisi tinggi, dua subjek dengan disposisi sedang, dua disposisi rendah. data yang digunakan dalam penelitian inj adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil dari angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis siswa. Hasil tes dan wawancara digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis kemudian dianalisis berdasarkan disposisi matematis siswa. kesimpulan dari penelitian ini adalah dua subjek dengan disposisi tinggi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Untuk dua subjek yang memiliki disposisi sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang berbeda. Subjek 1 tidak dapat memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang ke dua dan subjek 2 tidak dapat memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis ke satu. Dan untuk dua subjek terakhir dengan disposisi matematis rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang sama tidak dapat memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang ke satu dan kedua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Matematis; Disposisi Matematis; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Socrates Kontekstual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:14
Last Modified: 31 Jul 2024 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23094

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics