Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pemberian virtual gift dalam aplikasi online Nonolive

Jundan, Shilviana (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pemberian virtual gift dalam aplikasi online Nonolive. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036117_Shilviana_Jundan] Text (Skripsi_1702036117_Shilviana_Jundan)
Skripsi_1702036117_Shilviana_Jundan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh adanya ketidakjelsan status hukum pemberian virtua gift dari penonton. Penonton memberikan gift berupa stiker kepada host talent saat live streaming berlangsung menggunakan aplikasi nonolive. Virtual gift itu sendiri merupakan reaward berupa stiker yang ada nilai koin berbeda disetiap gambar stikernya dimana koin tersebut dapat ditukarkan ke dalam rupiah. pengguna yang melakukan live streaming dengan aplikasi Nonolive, umumnya akan mendapat imbalan berupa virtual gift, bila dirasa siaran langsungnya menarik minat penonton, selain itu penonton dapat pula berinteraksi dengan pengguna lewat kolom komentar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamaimana mekanisme pemberian virtual gift dalam aplikasi online nonolive dan bagaimana status hukum terhadap pemberian virtual gift melalui aplikasi nonolive menurut hukum ekonomi syari’ah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Peneliti juga melakkam wawancara dengan narasumber dari host talent dan pengguna aplikasi nonolive dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahap pemeriksaan data dan sistematisasi data. Sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode induktif.
Penelitian ini menyimpulkan pertama, mekanisme pemberian virtual gift dalam aplikasi nonolive sebagai berikut virtual gift dapat diperoleh dengan cara membuka aplikasi nonolive dan memilih fitur yang telah disediakan dalam aplikasi tersebut dan kemudian para host dapat melakukan siaran langsung dengan menyajikan konten konten yang menarik dan bermanfaat sehingga banyak penonton yang tanpa dipaksa memberikan apresiasi berupa virtual gift.Kedua, status hukum terhadap pemberian virtual gift melalui aplikasi nonolive menurut hukum ekonomi syari’ah hukumnya adalah mubah ( boleh) dan termasuk ke dalam hadiah karena fakta di lapangan bahwa para penonton yang memberikan gift ke host dari inisiatif penonton sendiri atas dasar konten yang diberikan oleh host talent menarik dan memberi manfaat alih- alih untuk memberikan apresiasi dalam hal menghargai usaha konten creator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Virtual gift; Hadiah; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:13
Last Modified: 03 Aug 2024 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics