Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di “MTs NU Nurul Huda Mangkang

Awliya, Hilyatul (2023) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di “MTs NU Nurul Huda Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036094_Hilyatul Awliya_Lengkap] Text (Skripsi_1803036094_Hilyatul Awliya_Lengkap)
Skripsi_1803036094_Hilyatul Awliya_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Permendiknas No 19 Tahun 2007 pasal 1, setiap lembaga pendidikan wajib memenuhi Standar Pengelolaan Pendidikan Nasional. Guna mencapai standar tersebut, sebuah lembaga pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah yang berperan dalam mengkoordinasi, menggerakkan, dan menyerasikan seluruh sumber daya sekolah guna mencapai tujuan. Salah satu standar yang harus dicapai Madrasah adalah Standar Kompetensi Lulusan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam meningkatan mutu lulusan di MTs NU Nurul Huda Mangkang.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, didukung dengan data sekunder melalui data-data tambahan berupa wawancara dengan peserta didik,waka kurikulum serta dokumen pendukung lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan visi, misi dan tujuan dengan menjalankan program yang relevan dengan visi, misi dan tujuan (2) Secara umum program peningkatan mutu lulusan sudah baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan data kelulusan dalam tiga tahun terakhir peserta didik MTs NU Nurul Huda lulus 100% dan jumlah siswa yang diterima di SMA dan MA Negeri dalam tiga tahun terakhir sudah ada peningkakatan (3) Implikasi strategi peningkatan mutu lulusan dari aspek kepala sekolah yaitu memberikan arahan kepada guru untuk membentuk pembelajaran yang efektif, memanfaatkan sarana dan prasarana, program silent reading, metode belajar dengan video pembelajaran, assesment test, bekerja sama dengan instansi, pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan melaksanakan hubungan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasah; Standar kompetensi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:18
Last Modified: 01 Aug 2024 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics