Perlindungan hak anak perspektif hukum Islam : studi kasus Panti Asuhan Darul Farroh Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Dinar, Fatimah (2023) Perlindungan hak anak perspektif hukum Islam : studi kasus Panti Asuhan Darul Farroh Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016094_FATIMAH_DINAR] Text (SKRIPSI_1902016094_FATIMAH_DINAR)
1902016094_Fatimah Dinar_Lengkap Tugas Akhir - Fatimah Dinar 094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perlindungan hak anak yang dilakukan oleh Panti Asuhan Darul Farroh untuk anak asuhnya dikarenakan ketidakmampuan orang tuanya dalam memenuhi kewajibannya. Padahal, setiap anak berhak mendapatkan haknya, baik itu berupa hak yang konkrit maupun abstrak. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana perlindungan hak anak di Panti Asuhan Darul Farroh? Dan bagaiamana perlindungan hak anak Panti Asuhan Darul Farroh menurut Hukum Islam?.
Penelitian ini, termasuk jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa hasil wawancara langsung dengan anak asuh dan pengasuh Panti Asuhan Darul Farroh. Adapun data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, penelitian terdahulu, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, Pertama, Panti Asuhan Darul Farroh melaksanakan perlindungan hak anak terlihat dari upaya fasilitas yang disediakan dan adanya program serta layanan yang memadai. Implementasi perlindungan hak anak di Panti Asuhan Darul Farroh layaknya hak anak pada umumnya, seperti hak kebutuhan dasar, hak nafkah, hak hadhanah, hak pendidikan dan kesehatan, yang sesuai dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Kedua, Perlindungan hak anak di Panti Asuhan Darul Farroh ditinjau dari Hukum Islam, pihak panti asuhan sebagai orang tua pengganti dari anak asuh ditinjau dari hukum Islam seperti al-Qur’an, Hadits dan pendapat para Ulama, dalam hak nafkah, hak pemeliharaan, dan hak pendidikan sudah sesuai dengan Hukum Islam. Dan dalam hak perwalian dan hak nasab tetap dikembalikan kepada orang tua kandung anak asuh sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan anak; Hak anak; Hukum Islam; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:57
Last Modified: 22 Aug 2024 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics