Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang

A’yun, Qurotun (2023) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036111_QUROTUN_A’YUN] Text (SKRIPSI_1903036111_QUROTUN_A’YUN)
1903036111_Qurotun A_yun_Full Skripsi - Qurotun A_yun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kepala sekolah pada hakikatnya adalah sumber semangat para pendidik dan tenaga pendidik, seorang pemimpin yang baik akan selalu mencari strategi yang terbaik untuk dapat mempengaruhi anggotanya. Peran kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaga sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja guru juga sangat penting, kepala sekolah harus selalu mengontrol kinerja para bawahannya. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil focus permasalahan: 1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang ? 2) Apa implikasi strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang ?.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang mana teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi dari sekolah. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatan disiplin kerja guru meliputi: Strategi prakondisional yaitu, menengakakan kedisiplinan guru, memberikan motivasi, membangun kepercayaan. Strategi akademik dilakukan melalui program pelatihan dan pembinaan. Strategi non-akademik berupa penugasan guru dalam pendampingan ektrakulikuler. Strategi pendukung diberikan berupa fasilitas yang memadai. Strategi evaluative dilakukan dalam harian, bulanan , tahunan, menggunakan e-kinerja. 2) Implikasi strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu Guru selalu hadir sebelum KBM dimulai, pada saat bel berbunyi guru segera masuk kelas dan memulai pembelajaran, guru memakai seragam sesuai dengan aturan pemkot, guru selalu membuat administrasi pembelajaran sebelum KBM dimulai, guru melakukan proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah; Disiplin kerja; Kinerja guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:49
Last Modified: 22 Aug 2024 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics