Pengembangan kompetensi profesional guru melalui musyawarah guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Mijen Demak

Priyarta, Destasya Dwi (2023) Pengembangan kompetensi profesional guru melalui musyawarah guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Mijen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036054_DESTASYA_DWI_PRIYARTA] Text (SKRIPSI_1903036054_DESTASYA_DWI_PRIYARTA)
1903036054_Destasya Dwi Priyarta_Tugas Akhir - Destasya Dwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan kompetensi profesional guru, merupakan suatu proses yang dilakukan baik sendiri maupun kelompok untuk mengkaji, memperbaharui, memperluas pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga segala macam kebutuhan di masa yang akan datang dapat diikuti dan dinilai secara teratur serta menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri dan dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi tantangan bagi SMA Negeri 1 Mijen Demak yang beralokasikan sejajar dengan sekolah atau madrasah menengah atas lainnya sehingga adanya persaingan antar sekolah terutama dalam hal tenaga pendidik, oleh karena itu penelitian ini berfokus pada permasalahan terhadap kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Mijen Demak dan strategi apa saja yang dilakukan oleh MGMP untuk meningkatkan kompetensi professional guru.
Dalam penelitian ini, metode yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan proses pengumpulan data melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trigulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kompetensi profesional guru di SMA Negeri 1 Mijen Demak sudah dalam kategi baik. Hal in bisa dilihat dari kemampuan guru dalam menguasai materi bahan ajar, kemampuan guru dalam mengembangkan materi bahan ajar. dan kemampuan guru dalam memanfaatkan IPTEK. 2) Strategi yang digunakan oleh MGMP untuk meningkatkan kompetensi profesional guru adalah melalui kegiatan pengembangan diri melalui workhshop/lokakarya, Sosialisasi publikasi karya ilmiah dan pelatihan karya inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional; Guru; Musyawarah guru; Mata pelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:07
Last Modified: 02 Sep 2024 01:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics