Pengaruh kualitas sistem, informasi dan layanan platform merdeka mengajar terhadap kepuasan pengguna : studi kasus SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang
Sari, Adnin Purnama (2023) Pengaruh kualitas sistem, informasi dan layanan platform merdeka mengajar terhadap kepuasan pengguna : studi kasus SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1903036027_Adnin Purnama sari_Full_Skripsi - Adnin purnama sari.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB)
Abstract
Lembaga pendidikan yang baik adalah lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna pendidikannya. Kepuasan pengguna menjadi hal yang harus diusahakan ketercapaiannya oleh lembaga pendidikan. Termasuk juga dalam hal pelayanan pendukung pendidikan seperti penggunaan platform merdeka mengajar (PMM) yang diciptakan untuk guru dan kepala sekolah untuk belajar, mengajar dan berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas sistem, informasi dan layanan Platform Merdeka Mengajar terhadap kepuasan pengguna di SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi 50 guru. Pembuatan angket disusun dengan menggunakan skala likert berskala 1-5. Temuan hasil analisis pengujian hipotesis (uji t): 1) kualitas sistem diperoleh nilai sig sebesar 0,842>0,05 yang berarti kualitas sistem platform merdeka mengajar (PMM) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang Semarang, 2) hasil uji t kualitas informasi diperoleh nilai sig 000<0,05 berarti kualitas informasi platform merdeka mengajar (PMM) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang, dan 3) hasil uji t kualitas layanan diperoleh nilai 000<0,05 berarti kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04 Semarang. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem platform merdeka mengajar tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas layanan platform merdeka mengajar berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Secara simultan, semua variabel kualitas sistem, informasi dan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna di SDN Ngaliyan 01 dan SDN Tambakaji 04. Adapun saran yang dapat diberikan adalah diharapkan pihak kemendikbudristek dapat menjaga konsistensi kualitas sistem informasi, mengembangkan kualitas informasi serta kualitas layanan platform merdeka mengajar terutama dalam hal ketepatan waktu dalam menanggapi keluhan dari pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas sistem; Informasi; Layanan; Platform merdeka mengajar; Kepuasan pengguna |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:25 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23316 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year