Penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking dengan pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII B MTs Mafatihut Thullab An-Nawawi Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2010/2011
Kamaliyah, Faiqotul (2011) Penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking dengan pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII B MTs Mafatihut Thullab An-Nawawi Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511038_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (640kB) | Preview
73511038_bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
73511038_bab2.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
73511038_bab3.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
73511038_bab4.pdf - Accepted Version
Download (514kB) | Preview
73511038_bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
73511038_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dalam materi irisan dan gabungan (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dalam materi irisan dan gabungan kelas VII B MTs. Mafatihut Thullab An-Nawawi tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research), obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B MTs. Mafatihut Thullab An-Nawawi yang jumlah peserta didiknya ada 49 terdiri dari 22 putra dan 27 putri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal kuis dan tes evaluasi.
Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus diambil dari dokumen nilai harian peserta didik kelas VII B tahun pelajaran 2009/2010 materi irisan dan gabungan, keaktifan peserta didik mempunyai prosentase 32% dan rata-rata hasil belajar 54,75 dengan ketuntasan klasikal 46,15%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 60,16% dan rata-rata hasil belajar 62,22 dengan ketuntasan klasikal 55,10%. Sedangkan pada siklus II keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 76,19% dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 73,16 dengan ketuntasan klasikal 77,55%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran pembelajaran active learning tipe Guided Note Taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Active Learning; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 07:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year