Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011

Sari, Dwi Kartika (2011) Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511041_Dwi_Kartika_Sari]
Preview
Text (SKRIPSI_073511041_Dwi_Kartika_Sari)
73511041_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bab1.pdf]
Preview
Text
73511041_bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bab2.pdf]
Preview
Text
73511041_bab2.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bab3.pdf]
Preview
Text
73511041_bab3.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bab4.pdf]
Preview
Text
73511041_bab4.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bab5.pdf]
Preview
Text
73511041_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73511041_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511041_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang memiliki obyek yang abstrak. Sifat abstrak menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat mengurangi kesulitan peserta didik sehingga belajar matematika lebih menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub Kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dikenai model pembelajarn berbasis proyek, VIID sebagai kelas kontrol dikenai model pembelajaran konvensional. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan mmetode tes. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari perhitungan hasil penelitian, uji perbedaan dua raata-rata prestasi belajar diperoleh , menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih dari rata-rata pemecahan masalah kelas kontrol.
Simpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas lebih efektif dari pada peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Proyek; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 19 Jun 2021 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics