Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011
Sari, Dwi Kartika (2011) Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511041_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
73511041_bab1.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
73511041_bab2.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
73511041_bab3.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
73511041_bab4.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
73511041_bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
73511041_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Matematika merupakan bidang studi yang memiliki obyek yang abstrak. Sifat abstrak menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat mengurangi kesulitan peserta didik sehingga belajar matematika lebih menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU 01 Tarub Kab. Tegal tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dikenai model pembelajarn berbasis proyek, VIID sebagai kelas kontrol dikenai model pembelajaran konvensional. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan mmetode tes. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari perhitungan hasil penelitian, uji perbedaan dua raata-rata prestasi belajar diperoleh , menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih dari rata-rata pemecahan masalah kelas kontrol.
Simpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain di luar kelas lebih efektif dari pada peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Proyek; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 06:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2336 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year