Pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Farihah, Ummi (2011) Pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511048_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (639kB) | Preview
73511048_bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
73511048_bab2.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
73511048_bab3.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
73511048_bab4.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
73511048_bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
73511048_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Kajiannya dilatar belakangi oleh perbedaan karakter peserta didik mengenai modalitas belajar dan ketidaksesuaian antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar peserta didik sehingga peserta didik mengalami kebingungan dalam menerima materi yang diajarkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Islam Banyumanik Semarang. SMP tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 99 responden. Datanya diperoleh dengan cara dokumentasi dan kuesioner. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial.
Hasil analisis menunjukkan nilai yaitu pada taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga dapat ditunjukkan ada pengaruh tingkat modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Adapun besar pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 37,70%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para peserta didik, para tenaga pengajar dalam memberi dorongan kepada peserta didiknya agar senantiasa meningkatkan tingkat modalitas dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh akan maksimal atau memuaskan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Modalitas Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:32 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 07:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year