Pengembangan game edukasi fisika berbantuan construct 3 pada materi alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Nabilah, Yeshinta (2023) Pengembangan game edukasi fisika berbantuan construct 3 pada materi alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066015_Yeshinta_Nabilah] Text (Skripsi_1908066015_Yeshinta_Nabilah)
Skripsi_1908066015_Yeshinta Nabilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran yang variatif salah satunya game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan game edukasi fisika berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi alat optik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Pengembangan game edukasi diujicobakan pada skala besar sebanyak 36 siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 8 Semarang. Game edukasi dikembangkan menggunakan software construct 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respons guru dan angket respons siswa terhadap kemudahan penggunaan game edukasi dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media diperoleh persentase skor kevalidan sebesar 90,62% dan validasi ahli materi sebesar 85,4% dengan kategori sangat valid. Hasil respons guru terhadap kemudahan penggunaan game edukasi fisika diperoleh persentase skor kepraktisan sebesar 96,25% dan respons siswa sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat berdasarkan nilai pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,379 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi fisika sangat valid digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran fisika pada materi alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Game edukasi; construct 3; berpikir kritis; alat optik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:09
Last Modified: 16 Aug 2024 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics