Efektivitas penggunaan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok suku banyak

Fitriani, Ery (2011) Efektivitas penggunaan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok suku banyak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511070_Ery_Fitriani]
Preview
Text (SKRIPSI_073511070_Ery_Fitriani)
73511070_bab1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_coverdll.pdf]
Preview
Text
73511070_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_bab2.pdf]
Preview
Text
73511070_bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_bab3.pdf]
Preview
Text
73511070_bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_bab4.pdf]
Preview
Text
73511070_bab4.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_bab5.pdf]
Preview
Text
73511070_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73511070_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511070_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas penggunaan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok suku banyak. Berdasarkan penuturan salah satu guru matematika di MA Negeri Kendal menyatakan bahwa dalam materi pokok Suku Banyak sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan hasil bagi dan sisa pembagian Suku Banyak. Hal ini terjadi karena peserta didik belum mampu memilah rumus-rumus yang ada dalam pembagian Suku Banyak, sehingga mereka kesulitan dalam menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan peserta didik dalam pembagian Suku Banyak adalah dengan memanfaatkan peta konsep dalam pembelajaran. Melalui penelitan ini, akan diimplementasikan penggunaan peta konsep pada materi pokok Suku Banyak.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan peta konsep efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok Suku Banyak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan peta konsep efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok Suku Banyak.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 5 kelas sebanyak 187 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas, sehingga terpilih peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes essay dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya di kelas XI IPA 1 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh nilai sedangkan . Karena maka ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan peta konsep lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran dengan metode ekspositori. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,74 juga lebih besar dari pada nilai sebelumnya sebesar 61,55.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen meningkat dari nilai sebelum eksperimen, di mana nilai tersebut juga lebih besar dari pada kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan peta konsep efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok Suku Banyak di kelas XI IPA MA Negeri Kendal dan disarankan guru dapat mengembangkan penggunaan peta konsep dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya yang dirasa tepat menggunakan peta konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika; Hasil Belajar; Peta Konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:44
Last Modified: 07 Jun 2021 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics