Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati

Rohman, Kholilur (2023) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036069_Kholilur Rohman_Lengkap] Text (Skripsi_1703036069_Kholilur Rohman_Lengkap)
Skripsi_1703036069_Kholilur Rohman_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru atau pendidik. Dalam hal ini, guru harus berupaya untuk selalu meningkatkan kompetensi pedagogiknya tentu dengan didukung adanya kebijakan kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kebijakan-kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada guru di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi yang dilakukan kepala madrasah dalam penerapan kebijakan terbagi dalam 4 langkah, yaitu: terlaksananya rapat awal tahun ajaran dengan para guru (kepala sekolah meminta saran dari para guru), kepala sekolah membuat surat keputusan pembagian tugas, kepala sekolah menginstruksi wakilnya menjabarkan kegiatan bidangnya, dan kepala sekolah mengadakan rapat koordinasi bidang dan semua guru setiap bulan. Sedangkan bentuk kebijakan kepala sekolah terbagi ke dalam dua bentuk, yakni mikro dan makro. Bentuk kebijakan mikro terdiri dari 3 bentuk dan makro terdiri dari 9 bentuk.
Hasil implementasi kebijakan kepala sekolah adalah meningkatnya kinerja guru yang meliputi persiapan mengajar, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi, pengembangan profesi guru, dan kedisiplinan yang berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasa;, Kompetensi pedagogik; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:20
Last Modified: 21 Aug 2024 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics