Studi komparasi hasil belajar fisika dengan menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash dan alat peraga papan optik pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2010/2011
Kholifah, Siti Nur (2011) Studi komparasi hasil belajar fisika dengan menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash dan alat peraga papan optik pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73611002_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73611002_bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
73611002_bab2.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
73611002_bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
73611002_bab4.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
73611002_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
73611002_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar Fisika materi pokok Cahaya antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash, dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan alat peraga Papan Optik.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 09 Gemuh Kendal. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs NU 09 Gemuh Kendal Semester 2 tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 36, kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 36, dan VIII-C dengan jumlah peserta didik 37. Jadi jumlah total populasi 109 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen 1 (media pembelajaran visual Macromedia Flash) dari kelas VIII-A sebanyak 36 peserta didik dan kelompok eksperimen 2 (alat peraga Papan Optik) dari kelas VIII-B sebanyak 36 peserta didik. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 72 peserta didik diperoleh dengan cara cluster sampling cara undian.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi dari nilai ulangan Fisika (data awal) pada materi pokok sebelum Cahaya digunakan untuk uji keseimbangan. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar Fisika pada materi pokok Cahaya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan analisis uji t-test dua pihak.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar Fisika pada materi pokok Cahaya dengan menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash adalah sebesar 79,583, sedangkan rata-rata hasil belajar Fisika dengan menggunakan alat peraga Papan Optik sebesar 71,389. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar 2,859. Setelah dikonsultasikan dengan dengan = 70 dan taraf signifikan ( ) 5% = 2.000, diketahui bahwa > , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda secara nyata. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash lebih besar dibanding rata-rata hasil belajar dengan menggunakan alat peraga Papan Optik, dengan demikian dapat dikatakan menggunakan media pembelajaran visual Macromedia Flash lebih baik apabila dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Fisika; Media Pembelajaran; Alat Peraga |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 05:48 |
Last Modified: | 14 Jul 2014 05:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2351 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year