Pengaruh citra merek, kualitas website, dan harga terhadap keputusan pembelian virtual goods di website Codashop : studi pada mahasiswa Uin Walisongo Semarang

Amal, M Noor Akhsanul (2023) Pengaruh citra merek, kualitas website, dan harga terhadap keputusan pembelian virtual goods di website Codashop : studi pada mahasiswa Uin Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056067_M_Noor_Akhsanul_Amal] Text (Skripsi_1905056067_M_Noor_Akhsanul_Amal)
1905056067_M Noor Akhsanul Amal_Lengkap Tugas Akhir - Akhsanul Amal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Game online sudah menjadi sumber populer untuk mencari hiburan. Tidak hanya bisa dimainkan di komputer dan konsol game saja, saat ini banyak game online yang bisa dimainkan melalui gadget seperti handphone dan tablet. Codashop merupakan salah satu situs untuk para pemain game online melakukan pembelian virtual goods yang berbentuk aplikasi dan situs yang bisa diunduh melalui playstroe maupun appstrore. Dikutip dari https://primaradio.co.id/game/Codashop-error/ yang menyatakan bahwa adanya kendala dalam mengakses situs Codashop didasari oleh beberapa faktor diantaranya banyaknya pengunjung yang mencoba mengakses secara bersamaan, kerusakan sistem halaman situs dikarenakan percobaan akses dilakukan secara berulangkali dan koneksi sambungan internet yang kurang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas website, dan harga terhadap keputusan pembelian virtual goods di website Codashop pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data yaitu data primer berupa hasil penyebaran kuesioner, dan data sekunder dokumentasi yang meliputi jurnal, buku, dan internet. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain game Mobile Legends Bang bang di UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 135 responden yang merupakan mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2022 dengan menggunakan teknik accidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi kinear berganda dan pengujian hipotesis yang meliputi uji t, uji F, dan uji koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) citra merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar 1,467 dengan tingkat signifikansi 0,145 lebih besar dari 0,05, (2) kualitas website secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar 5,091 dengan tingkat signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05; dan (3) harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar 6,545 dengan tingkat signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra mere; kualitas website; harga; keputusan pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:41
Last Modified: 21 Aug 2024 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics