Analisis butir soal ujian Madrasah mata pelajaran fisika menggunakan Taksonomi Bloom ranah kognitif kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Rofiqoh, Inayatur (2011) Analisis butir soal ujian Madrasah mata pelajaran fisika menggunakan Taksonomi Bloom ranah kognitif kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73611007_coverdll.pdf]
Preview
Text
73611007_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bab1.pdf]
Preview
Text
73611007_bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bab2.pdf]
Preview
Text
73611007_bab2.pdf - Accepted Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bab3.pdf]
Preview
Text
73611007_bab3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bab4.pdf]
Preview
Text
73611007_bab4.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bab5.pdf]
Preview
Text
73611007_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 73611007_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73611007_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan (1) untuk mengkategorikan dan mengetahui prosentase tingkatan taksonomi Bloom ranah kognitif pada soal Ujian Madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 (2) untuk mengetahui kualitas soal Ujian Madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 berdasarkan analisis empiris yang meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda soal.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak selalu harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara dan tehnik korelasi. Sumber penelitian ini adalah lembar soal ujian madrasah mata pelajaran fisika kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011, yang kemudian di analisis sesuai dengan tingkatan taksonomi Bloom dan di analisis secara empirik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) berdasarkan tingkatan taksonomi Bloom, dalam soal Ujian Madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011, untuk prosentase tingkatan taksonomi Bloom ranah kognitif adalah tingkatan mengingat (C1) 7 item soal= 17,5%, memahami (C2) 12 item soal= 30%, menerapkan (C3) 9 item soal= 22,5%, menganalisis (C4) 12 item soal= 30%, sedangkan untuk tingkatan mengevaluasi (C5) dan menciptakan (C6) belum muncul dalam soal. Dapat dikatakan tingkatan C5 dan C6 0%. (2) Untuk dari segi empiris yang meliputi:(a) Validitas, soal ujian madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 yang digolongkan valid adalah 16 item soal (40%) dan yang tidak valid 34 item soal (60%) dengan besar rtabel 0,339 dan taraf kepercayaan 5%. (b) Reliabilitas soal ujian madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 yang digolongkan mempunyai reliabilitas tinggi yaitu 0,69 karena lebih besar dari rtabel. (c) Untuk taraf kesukaran butir soal ujian madrasah mata pelajaran fisika kelas XII MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 kriteria mudah 40 soal (100%). (d) Daya pembeda soal ujian madrasah mata pelajaran fisika kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Kendal tahun pelajaran 2010/2011 terdapat empat kriteria yaitu baik, cukup, jelek dan sangat jelek. Soal ujian madrasah dengan kriteria jelek 25 soal (62,5%), kriteria cukup 10 soal (25%), kriteria baik 4 soal (10%) dan soal sangat jelek yang harus dibuang karena bernilai negatif 1 soal (2,5%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Soal; Fisika; Taksonomi Bloom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:50
Last Modified: 14 Jul 2014 05:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics