Manajemen kinerja guru di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal

Chofifah, Khikmah Iffah (2023) Manajemen kinerja guru di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036105_Khikmah Iffah Chofifah_Lengkap] Text (Skripsi_1803036105_Khikmah Iffah Chofifah_Lengkap)
Skripsi_1803036105_Khikmah Iffah Chofifah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai manajemen kinerja guru di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Untuk mengetahui manajemen kinerja guru di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal. 2) Untuk mengetahui implikasi manajemen kinerja guru di SD Muhammadiyah Sukorejo Kendal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1): Manajemen kinerja guru yang pertama perencanaan dilakukan di awal tahun dengan melibatkan tim manajemen dalam melakukan rapat kerja. Kedua pengorganisasian sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh guru Ketiga pelaksanaan kinerja guru dilakukan dengan pembinaan, pengembangan guru, pembinaan disiplin, dan pemberian motivasi untuk meningkatkan kinerja guru. Keempat evaluasi kinerja guru dilakukan di akhir semester dengan melakukan supervisi dan penilaian kinerja guru.
Yang ke 2) implikasi manajemen kinerja guru dapat memberikan manfaat, bagi kepala sekolah untuk tidak selalu mengarahkan kegiatan sehari-hari. Manfaat bagi guru yaitu adanya kejelasan mengenai tugas dan tanggung jawabnya, pemberian motivasi, pemberdayaan guru dengan cara mengikutkan guru dalam pelatihan, seminar dan workshop menjadikan guru lebih terampil dalam mengajar.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan saran yang diberikan yaitu bagi kepala sekolah untuk meningkatkan manajemen kinerja guru yang sudah ditetapkan bersama agar dapat meningkatkan mutu dan kemajuan sekolah di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:32
Last Modified: 21 Aug 2024 08:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics