Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing melalui model desain sistem pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) pada materi pokok asam basa siswa kelas XI IPA di SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal tahun ajaran 2010/2011.

Rainah, Rainah (2011) Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing melalui model desain sistem pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) pada materi pokok asam basa siswa kelas XI IPA di SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73711007_coverdll.pdf]
Preview
Text
73711007_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bab1.pdf]
Preview
Text
73711007_bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bab2.pdf]
Preview
Text
73711007_bab2.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bab3.pdf]
Preview
Text
73711007_bab3.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bab4.pdf]
Preview
Text
73711007_bab4.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bab5.pdf]
Preview
Text
73711007_bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 73711007_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73711007_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Modul merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Di SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal, dalam pembelajaran kimia, guru belum memiliki modul untuk melengkapi pembelajaran kimia, khususya kelas XI.IPA. Hal ini diduga sebagai salah satu faktor penyebab masih berlakunya model pembelajaran ceramah dan mencatat bahan sekaligus menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya efisiensi dan efektivitas mata pelajaran kimia kelas XI.IPA. Kurang efektifnya pembelajaran bermuara pada kurang optimalnya pencapaian sasaran belajar mata pelajaran kimia. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, sangat dipandang perlu melakukan Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing, khususnya kelas XI.IPA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul kimia berbasis sinkuiri terbimbing dan untuk mengetahui efektivitas modul kimia berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan menggunakan model desain sistem pembelajran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), meliputi Tahap Analysis merupakan menganalisis kebutuhan siswa terhadap materi pembelajaran, Tahap Design merupakan membuat rancangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing, Tahap Development merupakan uji coba produk kelas kecil, Implementation merupakan uji coba kelas besar, and Evaluation merupakan untuk memberikan nilai terhadap modul tersebut dan evaluasi yang terjadi pada setiap empat tahap diatas.
Produk dalam penelitian ini adalah Modul kimia berbasis inkuiri terbimbing yang tervalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil ranah kognitif rata-rata nilai postest kelas kecil adalah 65,78 sedangkan rata-rata nilai postest kelas besar adalah 73,31, hasil ranah psikomotorik kelas kecil sebesar 82,89%, kelas besar sebesar 81,92%, hasil ranah afektif kelas kecil sebesar 78,31%, kelas besar sebesar 78,58%, hasil tanggapan siswa terhadap modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada kelas kecil sebesar 76,04% , kelas besar sebesar 75,33% dan angket keterbacaan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada kelas kecil sebesar 80,00%, kelas besar sebesar 83,80%. Skor total efektivitas modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada kelas kecil sebesar 11 dengan kategori efektif, sedangkan pada kelas besar skor totalnya adalah 11 dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa “Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing melalui Model Desain Sistem Pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) pada Materi Pokok Asam dan basa Kelas XI IPA di SMA NU 01 Al - Hidayah Kendal pada kelas kecil maupun kelas besar adalah efektif.”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kimia; Metode Pembelajaran; Modul Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 06:42
Last Modified: 14 Jul 2014 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics